RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Pinjaman Online, Anugerah atau Musibah?

Saat ini segala sesuatu yang berbasis online sudah sangat dikenal masyarakat, mulai dari belanja online, pembayaran online, bepergian kemana saja dengan aplikasi, mendaftar ke berbagai layanan online, berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan aplikasi, bahkan sekarang Anda dapat meminjam uang secara online.

Saat ini, semuanya serba online, sangat mudah dengan smartphone. Dan untuk mencari perusahaan pinjaman online, cukup download aplikasinya di Google Play (Play Store) atau App Store, ketik “Money Loan” maka rangkaian aplikasi akan muncul secara otomatis. Anda bisa mendownload semuanya sesuai minat dan keinginan Anda.

Sebut saja Akulaku, Dana Cepat, Rupiah Plus, Pinjam Uang dan Kredit Pintar, produk pinjaman yang ditawarkan beragam, dari Rp 1 juta hingga Rp 5 juta, ada yang sampai Rp 10 juta. Beberapa juga menawarkan fasilitas kredit untuk pembelian barang hingga batas tertentu.

Solusi Nyaman dan Cepat

Salah satu faktor ketertarikan sebagian besar orang untuk mengajukan pinjaman online, yaitu proses penarikannya yang terbilang cepat apabila dibandingkan dengan bank pada umumnya. Contohnya, ketika Anda melakukan pengajuan 2 juta rupiah, pihak pinjol hanya membutuhkan waktu paling cepat 15 menit, paling lama 2 hari untuk mencairkan uang tersebut.

Prosesnya juga mudah, mereka hanya akan meminta Anda untuk mengupload beberapa berkas saja ke aplikasi, misalnya KTP serta dokumen pendukung lainnya. Setelah itu nantinya Anda akan diminta menunggu sejenak hingga proses verifikasi selesai.

Proses yang terbilang cepat ini membuat Anda semakin tergoda untuk meminjam secara online tanpa harus terlalu memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Lagi pula, yang diperlukan hanyalah informasi dan identitas pribadi, Anda pasti disetujui oleh perusahaan pinjaman online.

Proses cepat dan mudah ini juga sangat membantu. Di sisi lain, kita tidak membutuhkan tekanan psikologis dibandingkan dengan bila Anda meminjam uang dari saudara, teman atau saudara dengan rasa malu, bahkan jika mereka ingin meminjam, jika tidak tentu ada rasa malu di hati karena ditolak untuk meminjam.

Aplikasi pinjaman online tidak tahu malu karena tidak diperlukan komunikasi verbal. Berapapun jumlah uang yang Anda butuhkan sesuai dengan batas yang ditetapkan, perusahaan pinjaman online membayar uang ke rekening Anda secara instan.Di zaman yang serba praktis dan dinamis saat ini, terkadang kita membutuhkan pinjaman secepatnya tanpa harus menunggu lama.

Berbeda dengan meminjam dari bank, cara konvensional seringkali menjadi pilihan lain melakukan kredit. Untuk mendapatkan pinjaman dari bank, diperlukan banyak prosedur. Contohnya jaminan pinjaman, persetujuan pinjaman, bunga pinjaman hingga pemeriksaan pada BI Checking. Setelah itu Anda juga masih harus menunggu dalam waktu yang cukup lama, bisa mingguan ataupun bulanan.

Proses pelunasan pinjaman di aplikasi online juga tidak ribet. Tidak kurang dari 1 menit bahkan bisa dilakukan melalui perbankan atau iBanking, untuk melakukan pelunasan harus sebesar jumlah yang dipinjam dari kami ditambah bunga tambahan pinjaman yang telah disepakati, data di aplikasi akan langsung di update setelah pembayaran dilakukan. Sangat praktis, sederhana dan sangat berguna.

Pinjaman Online, Anugerah atau Musibah?

Memerlukan komitmen yang tinggi

Sama seperti kita meminjam uang dari teman atau saudara, kita biasanya berjanji untuk membayar kembali pinjaman dalam jangka waktu tertentu. Begitu juga dengan aplikasi pinjaman online, kita bisa memilih jangka waktu pinjaman kita hingga jangka waktu tertentu sesuai keinginan kita. Secara umum, semakin cepat kita dapat membayar, semakin sedikit bunga yang kita bayar. 

Misalnya, jika kita meminjam 3 juta rupiah, biasanya untuk pembayaran satu tahun dengan metode angsuran bulanan, bunganya bisa mencapai 600 ribu. Namun jika ingin membayar kembali misalnya dalam 6 bulan dengan cicilan bulanan maka kita akan mendapatkan bunga yang lebih rendah, hanya 300 ribu rupiah. 

Oleh karena itu Anda harus membayar kembali sebanyak 3,3 juta rupiah yang merupakan nilai kumulatif dari seluruh pinjaman ditambah bunga yang dibebankan kepada Anda atau mungkin jika mampu dan berkomitmen untuk melunasinya dalam waktu 2 atau 3 bulan. Bunga yang Anda peroleh akan jauh lebih murah. 

Jadi bagaimana aplikasi ini memastikan bahwa pelanggan selalu membayar biaya mereka tepat waktu setiap bulan? Caranya cukup sederhana, aplikasi hanya perlu memberi tahu rekening masing-masing pengguna aplikasi untuk mengingatkan pembayaran pinjaman atau cicilan bulanan. Notifikasi tersebut seperti pengingat dan pengingat kepada peminjam/nasabah agar siap untuk melakukan cicilan pinjaman tepat waktu.

Jadi, intinya pinjaman online itu bisa membantu Anda apabila sebagai peminjam dapat mengelola dengan baik dan membayar tepat pada waktunya agar tidak terkena sanksi atau denda. Namun, ketika Anda lalai dalam melakukan pembayaran, jangan kaget bila menjadi terbebani dengan begitu banyaknya nominal yang harus dibayarkan.

Sebagai seorang peminjam, Anda juga harus bisa mengukur kemampuan finansial pribadi agar saat pengajuan Anda dapat menghitung berapa besar cicilan yang bisa dibayarkan setiap bulannya. Ambil yang jangka waktunya paling lama merupakan solusi terbaik dibandingkan Anda harus terbeban dengan nominal besar karena ingin cepat lunas.