RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Membangun usaha tidaklah mudah. Banyak sekali hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah modal. Jika tidak ada modal, sudah pasti akan sangat kesulitan sekali untuk mengembangkan bisnis. Apabila Anda membutuhkan modal, maka bisa ajukan pinjaman ke bank. Untuk mengajukan pinjaman ke bank sangatlah mudah dan cepat. Dimana yang terpenting Anda tahu bank mana yang bisa memberikan pinjaman. 

Syarat Pengajuan Pinjaman Ke Bank Usaha 

Secara garis besar, setiap bank meminta syarat yang hampir sama. Dimana Anda pun lebih baik memang mengetahui terlebih dahulu syarat umum yang biasanya diperlukan. Berikut ini adalah syaratnya: 

  1. E-KTP, jika sudah menikah maka keduanya harus menyertakan KTP. Apabila tinggal di alamat domisili, sertakan Surat Keterangan Domisili. 
  2. Salinan akta nikah apabila sudah menikah. 
  3. Sertakan juga fotokopi KK atau Kartu Keluarga. 
  4. Bawa juga buku tabungan untuk menjadi bukti tentang kondisi keuangan Anda selama 3 bulan terakhir. 
  5. Anda juga memerlukan slip gaji untuk diserahkan kepada pihak bank.
  6. Jaminan atau agunan juga perlu Anda siapkan. Biasanya jaminan yang diminta adalah surat berharga seperti sertifikat tanah atau kendaraan. 

Setelah Anda menyiapkan seluruh syaratnya, maka Anda hanya tinggal ke bank yang dipilih dan menjalankan proses yang diperlukan. Biasanya bank akan melakukan survey terlebih dahulu dan mengecek riwayat pinjaman. Prosedur tersebut sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku. Jadi, jika Anda pernah memiliki catatan kredit macet, lebih baik menyelesaikannya terlebih dahulu. 

Keuntungan Mengajukan Pinjaman di Bank

Mengajukan pinjaman di bank tidak sama dengan lembaga keuangan lainnya. Hal ini sendiri tidak lepas karena bank langsung di bawah pengawasan Bank Indonesia dan OJK. Sedangkan lembaga keuangan tetap resmi, tapi ada beberapa peraturan yang tentu saja berbeda. Adapun keuntungan yang dapat diperoleh dengan mengajukan pinjaman ke bank, seperti berikut: 

1. Bunga rendah 

Meminjam dana di bank biasanya tidak akan menetapkan bunga tinggi. Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa seluruh bank harus mengikuti peraturan dari Bank Indonesia dan OJK. Jadi, sudah tidak mungkin bahwa bank akan menetapkan bunga yang terlalu tinggi. Terlebih lagi jika Anda ingin meminjam dana untuk usaha. 

Dimana setiap bank biasanya mempunyai program KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Kredit yang satu ini sendiri bisa sangat membantu Anda dalam masalah permodalan usaha. Adanya program ini pun diharapkan agar masyarakat dapat mengembangkan usaha lebih jauh. 

2. Syarat mudah dan proses cepat 

Keuntungan selanjutnya yang sudah Anda ketahui adalah dari syaratnya yang sangat mudah. Apalagi syarat tersebut ditetapkan hampir di seluruh bank yang ada di Indonesia. Jadi, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan pinjaman dana. 

Apabila syarat yang diminta juga sudah lengkap, maka proses hingga dana cair juga sangat cepat. Sehingga usaha yang Anda jalankan bisa terus maju dan berkembang secepat mungkin juga. 

3. Masa tenor terbilang panjang 

Tidak seperti meminjam dana di tempat lain yang waktu pengembaliannya sangat singkat, untuk bank biasanya akan memberikan masa tenor yang cukup panjang. Dimulai dari 6 bulan hingga belasan tahun. Tergantung dari berapa besaran pinjaman yang diajukan. 

Tapi, perlu Anda ketahui bahwa masa tenor yang semakin panjang, jumlah yang akan disetorkan biasanya akan lebih rendah. Namun, jika di total maka jelas jauh lebih banyak dibandingkan dengan tenor pendek. Walaupun masa tenor pendek akan membayar lebih banyak tiap bulannya, tapi pengembalian dana dapat lebih cepat. 

Agar Anda bisa lebih mudah mengatur masa tenor ini, maka lebih baik disesuaikan dengan pendapatan bisnis tiap bulannya. Meski masa tenor lebih panjang, tapi tidak masalah selama Anda memang sanggup untuk membayarnya. 

4. Bank tidak akan ikut campur 

Keuntungan lain dari meminjam dana dari bank untuk modal usaha adalah pihak bank tidak akan ikut campur akan bisnis yang Anda jalankan. Sehingga Anda bisa mengatur sendiri keuangan dan juga bebas mengambil keputusan untuk kemajuan bisnis. 

Bagi bank hal yang paling penting adalah Anda lancar membayar kredit yang sudah disepakati. Selama Anda tidak pernah menunggak, maka bank akan memberikan dukungan penuh jika Anda masih membutuhkan dana dalam pengembangan usaha. 

5. Jaminan tidak akan hilang 

Ketika Anda meminjam di bank, maka akan ada jaminan atau agunan yang harus diserahkan. Ada kekhawatiran tersendiri ketika menyerahkan agunan ini, karena bisa saja hilang jika tidak dijaga. Tapi, jika Anda meminjam di bank, tentu saja tidak perlu takut agunan hilang atau rusak. Karena pihak bank tetap akan menjaga dengan sangat baik. 

Itulah penjelasan tentang syarat dan keuntungan meminjam di bank untuk usaha. Hingga saat ini sendiri pemerintah terus memberikan bantuan program agar masyarakat bisa terus meningkatkan perekonomian dengan membuka usaha, termasuk dengan menggandeng bank-bank di Indonesia.