RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Mengenal Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya untuk Traveler

Siapa yang tidak suka traveling? Pasti hampir sebagian banyak dari kita sangat suka melakukan traveling. Banyak orang yang sangat suka atau bahkan hobi melakukan traveling, namun masih sedikit orang yang tahu kalau untuk urusan traveling atau perjalanan apapun, kondisi itu dapat di asuransikan dengan asuransi perjalanan.

Tahukah kamu, bahwa kamu dapat membuat asuransi perjalanan untuk melindungi kamu jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan lho. Asuransi perjalanan memang salah satu asuransi yang wajib kamu miliki. Asuransi perjalanan ini diutamakan bagi para kaum pecinta traveling atau untuk orang-orang yang sering melakukan perjalanan.

Nah, bagi kamu yang belum tahu, yuk simak ulasan dibawah ini. Simak sampai akhir ya.

Mengenal Asuransi Perjalanan.

Apa itu asuransi perjalanan? Yang dimaksud dengan asuransi perjalanan disini adalah sebuah asuransi yang dapat menjamin atau mengcover si pemegang polis serta barang-barang kepunyaannya selama melakukan perjalanan atau bepergian.

Untuk beberapa negara tertentu, mereka sudah mewajibkan untuk seluruh mahasiswa atau turis yang masuk ke negaranya memiliki sebuah asuransi perjalanan. Jika para turis tidak memiliki asuransi, maka dapat dipastikan bahwa mereka tidak akan dapat masuk ke negara tersebut.

Salah satu hal yang diunggulkan untuk asuransi perjalanan ini adalah untuk dapat memberikan rasa damai atau kita tidak perlu khawatir jika sesuatu hal terjadi kepada kita sehingga kita dapat melakukan perjalanan dengan lebih nyaman dan tenang.

Salah satu keunggulan lain adalah asuransi perjalanan kebanyakan telah disertakan sekaligus pada saat kamu melakukan pembelian tiket pesawat. Namun yang harus diketahui disini adalah bahwa asuransi yang didapatkan pada saat membeli tiket, mereka hanya akan menangani kasus-kasus kecelakaan yang terjadi secara personal pada saat melakukan perjalanan saat itu juga.

Mengenal Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya untuk Traveler

Manfaat Asuransi Perjalanan.

Dengan memiliki asuransi perjalanan, tentu kamu akan dapat menikmati keuntungan-keuntungannya. Diantaranya yaitu :

  • Ganti Rugi Atas Rusak atau Hilangnya Bagasi

Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka kamu akan mendapatkan berupa ganti rugi jika pada saat melakukan perjalanan, bagasi milikmu mengalami kerusakan ataupun hilang.

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali masalah bagasi yang terjadi saat melakukan perjalanan. Mungkin juga kamu pernah mengalami sendiri. Dengan masalah bagasi yang rusak hingga hilang, pasti akan merusak momen-momen perjalananmu. Nah, inilah salah satu manfaat yang dapat kamu peroleh jika kamu memiliki sebuah asuransi perjalanan.

  • Ganti Rugi Atas Keterlambatan dan Pembatalan Perjalanan

Manfaat yang dapat kamu rasakan yang kedua adalah adanya ganti rugi untuk resiko atas keterlambatan hingga pembatalan perjalanan. Asuransi akan mengcover hal tersebut. 

Tentunya resiko atas keterlambatan dan pembatalan perjalananpun bisa terjadi kapanpun walau tidak sering. Disinilah pentingnya asuransi perjalanan yang harus kamu miliki. Namun umumnya, asuransi ini hanya akan mengcover untuk kamu yang melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi udara atau pesawat.

  • Menanggung Biaya Pengobatan

Seperti asuransi lainnya, asuransi perjalanan juga dapat memberikan kompensasi biaya pengobatan disaat kamu mengalami sakit diwaktu melakukan perjalanan. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika suatu ketika pada saat kamu melakukan traveling, kamu mendadak membutuhkan beberapa perawatan medis ataupun sakit.

Sakit tidak dapat diprediksi. Sakit bisa terjadi kapan saja dan dimana saja bukan?

  • Santunan Jika Terjadi Kecelakaan hingga Kematian

Dengan memiliki asuransi perjalanan, perusahaan asuransi perjalanan ini akan menanggung segala santunan atas biaya kecelakaan hingga kematian yang akan terjadi selama kamu melakukan traveling atau bepergian.

Hal ini tentunya amat sangat berguna bagi kamu jika kamu seorang pencari nafkah di keluarga kamu karena pihak asuransi tentunya akan memberikan uang santunan tersebut kepada keluarga kamu.

  • Menanggung Kerugian-Kerugian Finansial yang Diakibatkan oleh Faktor Lain

Asuransi perjalananpun dapat menanggung atas segala kerugian finansial yang diakibatkan oleh faktor lain. contoh faktor lain yang dimaksud disini adalah terorisme, bencana alam, dan huru-hara yang dapat terjadi saat kamu melakukan traveling.

Segala kerugian yang kamu rasakan mulai dari fisik, finansial, hingga mental akan ditanggung sepenuhnya oleh asuransi perjalanan ini.

Beberapa Produk Asuransi Perjalanan yang Ada di Indonesia

  • AXA Travel Insurance,
  • Zurich,
  • Allianz,
  • Traveloka Protect,
  • Asuransi Sinar Mas,
  • Asuransi Sompo,
  • Asuransi AIG,
  • BCA Travel Insurance.

Cara Melakukan Klaim untuk Asuransi Perjalanan

Untuk urusan bagaimana melakukan klaim, sebenarnya untuk setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Namun secara umumnya adalah :

  • Kamu dapat masuk terlebih dahulu ke app produk asuransi atau website asuransi yang telah kamu pilih,
  • Kemudian isi formulir klaim pada website,
  • Kamu dapat mengajukan klaim melalui online dengan melampirkan bukti-bukti yang ada,
  • Jika kamu merasa kesulitan, kamu dapat menghubungi Customer Service (CS) untuk mengklaim langsung.