RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Meminjam uang ke bank adalah salah satu cara agar Anda bisa menyelesaikan masalah keuangan. Tidak hanya itu saja, dengan meminjam ke bank, Anda juga dapat mendapatkan tambahan modal dan kebutuhan finansial lainnya. Ketika ingin meminjam ke bank, maka ada jaminan atau agunan yang harus diserahkan, seperti surat tanah. 

Tapi, sebelum Anda meminjam ke bank, maka harus tahu terlebih dahulu apa saja hak yang Anda dapatkan sebagai peminjam atau debitur jika menyerahkan surat tanah sebagai jaminan. Karena ini berurusan dengan aset, penting sekali untuk mengetahui hak yang akan Anda terima. Untuk lebih jelasnya, mari lihat ulasannya berikut ini. 

Hak Peminjam dengan Jaminan Surat Tanah 

Sebagai peminjam, Anda tidak hanya berkewajiban membayar tepat waktu. Tapi juga ada hak yang perlu Anda ketahui. Tentu saja Anda bisa menuntut hak ini karena memang sudah menjadi layanan yang diberikan bank kepada debitur. Berikut ini adalah hak Anda sebagai peminjam dengan jaminan surat tanah: 

1. Mendapatkan dana 

Hak pertama yang diperoleh oleh peminjam adalah mendapatkan dana sebagaimana yang sudah dijanjikan oleh bank atau kreditur. Kalau hak ini tidak dipenuhi, maka Anda bisa melakukan penuntutan dan minta jaminan kembali. 

2. Mengetahui tanggal berlaku pinjaman 

Sebagai seorang peminjam, maka Anda juga berhak mengetahui kapan tanggal berlaku pinjaman. Sehingga Anda pun bisa tahu kapan dimulai pembayaran dan juga kapan kredit akan berakhir. 

3. Jumlah pinjaman 

Seorang debitur juga berhak mengetahui berapa besaran pinjaman yang diberikan. Tentu saja jumlah dana yang diberikan harus sama dengan perjanjian yang telah dibuat. Jangan sampai kurang atau lebih. 

4. Suku bunga 

Debitur juga berhak mengetahui berapa suku bunga yang diterapkan oleh pihak bank atau kreditur. Karena bank dan lembaga keuangan lain harus menuruti peraturan yang berlaku, sehingga bunga pinjaman haruslah sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan pemerintah. Anda sebagai debitur juga memiliki hak untuk mengetahuinya. 

5. Hak perlindungan hukum 

Ketika menjadikan surat tanah sebagai surat tanah, maka Anda juga akan mendapatkan hak perlindungan hukum. Dimana Anda bisa mengajukan tuntutan jika memang terjadi sengketa dan Anda merasa bahwa kewajiban sudah dibayarkan hingga selesai. Perlindungan hukum juga akan diberikan bila pihak kreditur tidak memenuhi kewajibannya. 

Syarat Mengajukan Pinjaman dengan Jaminan Surat Tanah 

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan surat tanah, maka harus tahu syarat yang harus diserahkan, seperti berikut ini: 

  1. KTP baik dari suami atau istri jika sudah menikah. 
  2. Akta pernikahan atau surat nikah jika memang sudah menikah. 
  3. NPWP dari salah istri dan suami. 
  4. Kartu Keluarga yang sudah difotokopi. 
  5. Surat domisili apabila mengajukan di daerah yang berbeda dengan alamat KTP. 
  6. Surat tanah yang akan dijadikan jaminan. 
  7. Buku tabungan atau rekening koran selama 3 bulan terakhir. 
  8. Slip gaji baik dari suami dan istri jika bekerja dua-duanya. 

Perlu Anda ketahui bahwa jika syarat sudah lengkap, maka dana tidak akan langsung cair. Pihak bank akan melakukan survey terlebih dahulu, baik dari tanah yang dijadikan jaminan, catatan kredit Anda dan lain sebagainya. Proses ini bisa berlangsung beberapa hari karena pihak bank harus memastikan apakah dana yang akan dipinjamkan sesuai dengan harga dari tanah yang dijadikan agunan. 

Keuntungan Mengajukan Pinjaman ke Bank 

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mengajukan pinjaman ke bank. Berikut ini adalah keuntungannya: 

1. Banyak pilihan pinjaman 

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan adalah banyaknya produk pinjaman yang disediakan. Anda bisa memilih pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Misalnya Anda membutuhkan modal, maka bisa mengajukan pinjaman usaha seperti KUR. Contohnya lainnya adalah pinjaman untuk renovasi rumah atau kredit rumah. 

2. Bunga yang rendah 

Meminjam di bank juga tidak akan memberatkan Anda karena suku bunga yang diberikan terbilang sangat rendah. Dibandingkan dengan lembaga keuangan lain. Jadi Anda bisa membayar dengan lancar dan tepat waktu, aset pun akan tetap aman hingga pinjaman lunas. 

3. Agunan disimpan dengan baik 

Karena Anda menyerahkan surat tanah yang sangat berharga, maka sudah pasti harus dijaga dengan baik. Bank pun mempunyai caranya sendiri untuk menyimpan surat tanah Anda. Sehingga aset Anda juga akan terlindungi dengan sangat baik dan aman. 

4. Bisa disesuaikan masa tenornya

Bank pun menetapkan masa tenor atau jangka waktu pelunasan yang beragam. Dimana Anda bisa memilih berapa masa tenornya dan dapat disesuaikan dengan kemampuan. Semakin panjang tenor, maka semakin rendah biaya yang dibayarkan tiap bulannya. 

Itulah beberapa hak yang didapatkan oleh peminjam ketika menggunakan jaminan surat tanah di bank. Jadi, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Selama Anda tidak pernah macet dalam pembayaran, maka aset tetap aman.