RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

pinjaman

Saat ini  sudah banyak pilihan pinjaman tunai di Indonesia. Namun, ada beberapa pinjaman tunai tersebut memiliki perbedaan satu sama lainnya. Perbedaan biasanya dapat dilihat melalui kebutuhan peminjam. Ada berbagai macam alasan yang berbeda bagi peminjam yang memutuskan untuk mengajukan pinjaman. Alasan tersebut sangat bervariasi, ada yang meminjam untuk membayar biaya pengobatan, perbaikan rumah, memulai bisnis, menikah, dan banyak lagi. 

Jumlah pinjaman akan bervariasi tergantung kebutuhan. Tidak hanya itu, tetapi perbedaan antara masing-masing pinjaman dipecah menjadi beberapa persyaratan khusus lainnya. Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman  besar jelas berbeda dengan persyaratan untuk mendapatkan pinjaman kecil. 

 Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman tunai, Anda harus terlebih dahulu memahami jenisnya. Ini akan membantu Anda mengetahui jenis pinjaman mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Memilih jenis pinjaman yang salah dapat menyebabkan kerugian di masa depan. Berikut adalah beberapa pinjaman uang tunai yang eksis di Indonesia saat ini;

1. Pinjaman kredit bebas agunan

Pinjaman kredit bebas agunan atau KTA adalah pinjaman tunai tanpa jaminan. Jadi, Anda dapat mengajukan pinjaman tanpa harus memberikan sesuatu sebagai jaminan. Pinjaman KTA dinilai cukup praktis dan sangat diminati masyarakat. Sayangnya, untuk mendapatkan pinjaman bebas agunan itu, sebagai salah satu syaratnya adalah Anda wajib memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Untuk kartu kredit yang dimiliki, ini mungkin bank yang sesuai dgn tempat Anda meminjam atau bank lain. Calon peminjam dapat mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan. Bahkan Anda juga diperbolehkan mengajukan pinjaman dana untuk memenuhi kebutuhan konsumtif Anda. Namun biasanya, beberapa orang akan mengajukan pinjaman dengan alasan untuk membayar tagihan medis, liburan, pendidikan, serta biaya untuk menikah. Jenis pinjaman tunai ini juga dapat digunakan untuk tujuan bisnis. Menggunakan KTA untuk bekerja sangat tidak disarankan, tetapi mengingat tingkat bunga yang cukup tinggi. Proses pinjaman sangat cepat serta mudah.

2. Pinjaman kredit multiguna 

Pinjaman kredit multiguna tersedia tidak hanya dari bank tetapi juga dari lembaga keuangan seperti pegadaian. Intinya, untuk mengajukan pinjaman tunai, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan aset berharga agar dapat dijadikan jaminan untuk diberikan kepada lembaga tersebut. Batas pinjaman utilitas biasanya lebih tinggi dari KTA. proses pencairan dana juga sangat cepat. Selama pemberi pinjaman mengevaluasi atau mengevaluasi jaminan, proses aplikasi langsung diterima dan dibayar. Itulah mengapa jenis pinjaman kredit multiguna sangat populer. Pinjaman tunai ini dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya, membayar pendidikan anak dan perbaikan rumah. Bahkan, pinjaman ini bisa membantu ketika keluarga membutuhkan perawatan yang sulit dan mahal.

3. Pinjaman modal usaha

Seperti namanya, pinjaman tunai ini sangat ideal bagi Anda yang menjalankan bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Pada saat yang sama, pinjaman modal perusahaan di Indonesia dibagi menjadi dua jenis yaitu, KUR adalah jenis kredit pilihan bagi para pengusaha. Agar  dapat mengajukan pinjaman untuk modal usaha, Anda harus mempunyai SIUP terlebih dahulu. Pinjaman modal usaha ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk memperluas kesempatan kerja guna mencegah kemiskinan. Sedangkan untuk Ultra Micro Loan atau UMi, limit produk pinjaman ini adalah Rp10 juta. Sedangkan batas terlama pembayaran adalah 48 bulan. Biasanya, calon peminjam ini adalah wiraswasta yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman KUR. Jika ada yang mampu melunasi cicilan pinjaman  UMi, KUR bisa membantu. Oleh karena itu, jika bisnis Anda membutuhkan modal, Anda harus terlebih dahulu memperhatikan posisi keuangan dan pendapatan Anda. Jika bisnis yang  Anda jalankan memiliki hasil yang solid, Anda dapat meminjam dana lagi untuk membantu bisnis Anda.

4. Pinjaman P2P Lending

P2P lending adalah bentuk pinjaman moneter yang dirilis oleh startup FinTech. Konsep kredit diwujudkan dengan menghubungkan pemberi pinjaman dan peminjam. Peminjam biasanya merupakan pengusaha UMKM yang sedang lama tahap mengembangkan usahanya. Dalam hal ini, pemberi pinjaman bertindak sebagai orang yang ingin berinvestasi. Pemberi pinjaman menerima keuntungan yang sama dengan investasi biasa. Karena itu, ada manfaat untuk keduanya. Dalam hal ini, pihak pemberi pinjaman P2P memainkan peran paling penting sebagai perantara. Mereka percaya jenis pinjaman ini menguntungkan, sederhana, cepat dan praktis.

5. Pinjaman Modal KTP

Prinsip pinjaman ini memiliki kesamaan dengan KTA. Untuk mengajukan pinjaman dana Anda harus memiliki KTP terlebih dahulu. Uang muka ini sangat digemari banyak orang. Jumlah selimut berbeda. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Namun, pada umumnya sebagian orang hanya bisa mengajukan pinjaman hingga Rp 10 juta. Oleh karena itu, jenis pinjaman ini nyaman bagi mereka yang membutuhkan uang mendesak. Anda dapat mengajukan langsung di situs web penyedia layanan kredit.