RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Bisnis properti di Indonesia saat ini sedang berkembang dengan pesat, bahkan hal ini membuat kalangan milenial terheran-heran. Apalagi harga hunian idaman juga menjadi sangat tinggi sehingga membuat banyak dari mereka patah semangat dan pesimis untuk bisa mempunyai rumah di masa muda.

Belum lagi, rumah memang termasuk kebutuhan primer bagi manusia, jadi bukan lagi sekunder maupun tersier. Dimana saat ini semua orang bekerja dengan keras, karena memang ingin mempunyai rumah sebagai tempat tinggal atau investasi masa depan.

Tips agar cepat mempunyai rumah untuk milenial

Apabila melihat segala permasalahan pada penjelasan diatas, maka hal penting yang bisa dilakukan oleh kaum milenial agar bisa mendapatkan rumah impiannya adalah dengan menyimak beberapa tips dibawah ini :

1. Menabung untuk DP

Cara pertama yang bisa Anda lakukan sebagai kaum milenial adalah menabung, menyisihkan penghasilan yang Anda peroleh setiap bulannya secara konsisten dan usahakan untuk tidak bolong-bolong demi memperoleh rumah idaman.

Apalagi syarat utama saat ingin membeli sebuah hunian tentunya harus memberikan uang muka terlebih dahulu sebagai tanda, jika Anda memang serius dalam hal jual-beli rumah. Untuk DP ini sendiri, tentunya bervariasi nominalnya, tergantung rumah yang akan dibeli, lokasi dan hal-hal lainnya.

Karenanya, mulailah menabung dari sekarang. Walau hal ini pastinya akan menjadi tantangan tersendiri untuk para milenial yang terkadang masih belum bisa membedakan keinginan dan kebutuhannya, sehingga membuat mereka sulit menabung.

Cara yang dapat menjadi pilihan adalah dengan membuka tabungan deposito, dan tabungan ini memiliki jangka waktu penarikan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, apabila Anda mengambil dana sebelum waktunya, maka akan terkena pinalti.

2. Membeli apartemen

Seperti yang Anda ketahui, saat ini harga hunian baik di perkotaan maupun yang agak ke pinggiran kota sudah termasuk tinggi. Hal ini disebabkan oleh nilai tanah yang semakin tinggi, jadi ketika Anda berencana untuk mempunyai rumah di kawasan tertentu, contohnya Jakarta pasti akan sulit.

Karena itu masalah ini bisa diatasi dengan membeli sebuah apartemen, mengapa? Karena biasanya apartemen mempunyai harga yang lebih rendah, apalagi jika Anda mencari pada lokasi yang agak strategis, baik dari lokasi kerja, hingga akses transportasi.

Anda harus ingat bila saat ini pemerintah sedang mengembangkan metode transportasi terintegrasi, dimana biasanya di sekitar lokasi juga pasti akan dibangun rusun atau apartemen baru dan harganya pasti akan lebih terjangkau.

3. Ikuti program untuk cicilan DP

Anda kesulitan dalam mengumpulkan uang muka untuk membeli rumah? Tenang, karena ada sebuah program dimana Anda bisa melakukan cicilan DP. Program ini adalah cara bagi kaum milenial yang ingin mencicil DP dalam kurun waktu tertentu.

Mayoritas kemudahan seperti ini akan ditawarkan oleh pihak developer. Dimana uang muka bisa diangsur selama 12 hingga 24 kali. Ketika sudah lunas, Anda baru bisa melakukan pengajuan KPR ke Bank yang bekerja sama dengan pengembang.

Dengan begitu secara otomatis akan membantu Anda meringankan beban karena jadinya seluruh biaya untuk memiliki rumah dapat dicicil. Tetapi, walaupun bermanfaat Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal, diantaranya :

  • Menggunakan cara ini, tentunya harga rumah yang diinginkan menjadi lebih mahal.
  • Apabila terjadi gagal bayar, maka uang yang sudah dibayarkan untuk mencicil akan dinyatakan hangus atau bisa kembali, tetapi tidak semuanya.

4. KPR dengan tenor paling lama

Keuntungan bagi kaum milenial yang pertama adalah usia yang masih muda, sehingga ketika akan melakukan KPR rumah Anda bisa memilih tenor yang paling lama. Kebanyakan bank sekarang ini memiliki maksimal cicilan selama 25 tahun.

Tentunya untuk Anda yang masih usia 20’an ini menjadi pilihan paling tepat. Jika Anda saat ini anggaplah berusia 23 tahun, lalu mengambil tenor terlama yakni 25 tahun. Maka, cicilan ini akan selesai ketika Anda telah berumur 48 tahun.

Walau terkesan sangat lama, namun bila Anda bisa mengelola pendapatan Anda dengan baik dan benar tentunya ini bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Lagi pula dengan Anda mengambil tenor yang paling lama, cicilannya akan lebih murah dan pastinya ringan.

5. Bekerja pada perusahaan yang memiliki fasilitas KPR bagi karyawannya

Tahukah Anda bila ada beberapa korporasi atau perusahaan yang memang memberikan fasilitas kepada karyawannya untuk memiliki sebuah rumah. Walau memang tidak mudah untuk dapat bergabung dengan sebuah perusahaan dengan segala kebijakannya tersebut.

Karena Anda pastinya harus melewati serangkaian persyaratan agar bisa masuk dan menjadi bagian dari perusahaan tersebut pada awalnya. Tetapi hal ini bukanlah tidak mungkin, bila Anda memang mempunyai tekad yang kuat.

Perusahaan yang memberikan fasilitas seperti ini biasanya adalah lembaga atau departemen milik pemerintah, lembaga keuangan seperti bank dan perusahaan ternama pada industri energi. Semua perusahaan tersebut akan memberikan fasilitas berupa cicilan rumah dan tidak menerapkan bunga pada pegawainya serta dapat disesuaikan dengan tingkat penghasilan dari pegawainya.