RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Sebagian orang sepertinya merasa resah dan mengeluhkan dengan tumpukan utang yang mereka tanggung sendiri. Pada kondisi tersebut, mereka sebetulnya dapat menjalankan debt snowball agar bisa melunasi berbagai macam tagihan yang dihadapi.

Meningkatnya berbagai kebutuhan membuat tidak sedikit orang yang memilih untuk berhutang agar bisa memenuhi seluruh kebutuhan hidup sehari-hari.

Dengan hadirnya berbagai macam aplikasi untuk yang menawarkan pinjaman online, membuat masyarakat semakin mudah untuk melakukan aktivitas berhutang. Mengajukan pinjaman online memang dapat memberikan Anda dampak yang positif, itupun jika Anda tujukan untuk suatu hal yang produktif.

Akan tetapi, dengan adanya kemudahan ketika melakukan pinjaman, tidak jarang mereka malah terjebak di dalam lingkaran setan dari pinjaman online tersebut.

Agar bisa menghindari kondisi seperti ini, ada sebuah metode yang dapat Anda terapkan atau gunakan. Dimana metode tersebut biasa dikenal dengan sebutan snowball debt method. Lantas, bagaimana caranya agar metode tersebut bisa Anda pakai untuk bisa menyelesaikan semua urusan utang yang dimiliki? Maka dari itu, simak terus artikel kali ini karena akan dibahas secara rinci mengenai cara menerapkan metode debt snowball untuk melunasi pinjaman yang ada.

Pengertian Debt Snowball

Debt snowball merupakan sebuah metode supaya bisa menyusutkan utang atau pinjaman dimana Anda yang mempunyai utang dari berbagai sumber bisa membayarnya dari nilai terkecil dengan nominalnya diatas minimum sampai utang terbesar dengan nominal minimum.

Saat Anda membayangkan bentuk bola salju yang digulingkan dan digelindingkan dari tempat yang tinggi menuju ke rendah, ukuran bola salju yang sebelumnya kecil lama-lama dia akan menjadi besar. Bukankah begitu?

Nah, seperti itulah strategi dari debt snowball, dengan prakteknya Anda harus membayar hutang dengan cara berurutan dari jumlah yang paling kecil sampai utang dengan jumlah yang paling besar. Ketika utang dengan nominal paling kecil sudah lunas, berikutnya lunasi utang yang berada di urutan selanjutnya. Dan begitu seterusnya hingga utang paling besar lunas.

Dengan begitu, nominal utang yang perlu dibayar harus Anda urutkan mulai dari yang paling kecil sampai terbesar, serta prioritaskan untuk Anda melakukan pelunasan utang mulai dari jumlah paling kecil.

Debt snowball ini dipelopori oleh Dave Ramsey yang merupakan warga Amerika Serikat sekaligus seorang financial planner ternama dunia. Oleh sebab itu, metoda tersebut dianggap sangat jitu karena dipelopori langsung oleh orang yang sangat berpengaruh dalam bidang tersebut.

Penerapan Debt Snowball

Apabila Anda sudah mengetahui pengertian dari debt snowball, tentu hal ini dapat menjadi sebuah opsi serta mempermudah Anda dalam melunasi cicilan atau utang. Agar bisa menerapkan metode debt snowball, Anda harus membuat atau menyusun ulang daftar utang atau pinjaman yang harus dilunasi atau dibayar bertahap.

Lalu, bayarlah berbagai macam pinjaman atau utang dengan nominal pembayaran minimum, lain halnya dengan yang terkecil, Anda perlu membayar hutang atau cicilan terkecil Anda dengan jumlah yang dilebihkan.

Hal tersebut supaya beban utang Anda kedepannya lebih ringan, lakukanlah hal ini teru menerus sampai cicilan atau tang terkecil Anda lunas semuanya. Kemudian, melakukan cara seperti ini untuk mencicil dan membayar hutang terkecil kedua. Apabila Anda melakukan strategi tersebut besar kemungkinan utang-utang dari pinjaman Anda akan terbayar lunas seiring berjalannya waktu.

Keuntungan dan Kerugian Debt Snowball

1.       Keuntungan

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa dirasakan jika Anda memilih metode debt snowball agar bisa melunasi semua cicilan atau utang Anda yang menumpuk selama ini.

Dari sisi psikologi, memakai metode tersebut akan jauh lebih meningkatkan rasa ingin melunasi utang atau sebuah dorongan motivasi untuk seseorang bisa melunasi utangnya. Dengan melihat cicilan atau utang yang Anda miliki terus berkurang, Anda akan merasa tenang dan tampil lebih percaya diri dan bahkan semakin tertantang untuk bisa melunasi semua utang yang ada.

Itu berarti jika menerapkan metode tersebut, dipercaya dapat mengurangi stress karena bisa melunasi hutang dengan cara yang tepat. Bukan hanya untuk bisa melunasi hutang saja, pola penerapan seperti ini juga bisa digunakan sebagai perencanaan keuangan lain yang memberikan harapan untuk memiliki kesehatan finansial yang baik.

2.       Kerugian

Walaupun mempunyai keuntungan dari sisi psikologi, ternyata penerapan metode satu ini juga mempunyai kerugian yang bisa menjadi tolak ukur atau pertimbangan lagi bagi mereka yang ingin menerapkannya pada kasus yang sama.

Hal ini dikarenakan metode tersebut fokus dengan pembayaran cicilan dan hutang terkecil, bisa jadi Anda akan membayar utang paling besar dengan tingkat bunga paling tinggi juga. Maka dari itu, ada juga metode lain yang berma debt avalanche dimana metode tersebut berfokus melunasi hutang yang memiliki bunga paling besar.