RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Dana pensiun ini sebenarnya kerap kali disamakan dengan dana darurat padahal keduanya memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda. Apabila dana darurat itu digunakan untuk hal-hal yang tidak terduga, dana pensiun merupakan kumpulan dana yang kamu sisihkan guna atau memiliki tujuan supaya hidupmu di masa tua bisa terjamin.

Namun sayangnya dana pensiun ini kerap kali di lupakan atau bahkan disepelekan sebagaimana halnya dana darurat, karena banyak yang menganggap jika dirinya akan bisa tetap memperoleh penghasilan walaupun sudah masuk di usia yang tidak produktif lagi.

Kamu harus tahu bahwa tidak semua orang di masa tuanya tetap bisa bekerja, ada orang-orang tertentu yang memang menderita sakit atau lainnya yang mau tidak mau hanya harus berada di dalam rumah bahkan kegiatannya hanya dilakukan di atas tempat tidur.

Jenis-jenis dari uang pensiun

Sebelum kita mencari tahu apa saja manfaat dari dana pensiun dan mengapa harus dipersiapkan sedini mungkin khususnya bagi kamu yang masih berusia 20 tahunan, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu jenis uang pensiun yang bisa didapatkan oleh pekerja yang ada di Indonesia.

  • DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan)

Jenis uang pensiun yang pertama adalah DPLK di mana kamu bisa mendaftar dengan cara mengunjungi bank dan juga perusahaan yang memiliki produk untuk asuransi jiwa. Jenis DPLK ini bisa dimiliki oleh masyarakat umum, baik yang memiliki status sebagai karyawan atau pekerja mandiri.

  • DPPK (Dana Pensiun Pemberi Kerja)

Berikutnya ada DPPK yang mana uang pensiun jenis ini dapat diperoleh ketika kamu bekerja di bawah kepemimpinan orang lain (perusahaan). Jadi, pihak yang mempekerjakan kamu biasanya memiliki PPMP dan digunakan untuk kepentingan seluruh atau sebagian dari karyawan yang ada di perusahaannya dan jenis ini sifatnya adalah sukarela.

  • Uang Pensiun Berdasarkan Keuntungan

Lalu ada pula uang pensiun yang berdasarkan keuntungan. Di mana jenis ini iurannya berasal dari pemilik perusahaan atau yang memberikan pekerjaan. Untuk jumlahnya sendiri dihitung sesuai dengan rumus yang berhubungan dengan keuntungan dari pihak pemberi kerja. 

Dimana biasanya program pensiun ini untuk besaran iuran telah ditetapkan sejak awal kemudian dicatat untuk nantinya dipotong dari rekening peserta atau pekerja yang mengikuti program pensiun.

Manfaat menyiapkan dana pensiun sejak dini

Adanya dana pensiun tentunya akan memberikan manfaat tersendiri ketika kamu sudah memasuki masa tidak produktif, berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh apabila sudah mempersiapkan dana pensiun sejak usia 20-an, yaitu :

  • Waktu untuk keluarga

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan ketika kamu telah mempersiapkan dana pensiun sejak dini adalah lebih memiliki banyak waktu untuk bersama dengan keluarga. Maksudnya adalah saat dulu kamu masih bekerja tentunya waktu yang kamu miliki habis untuk melakukan pekerjaan. Namun, setelah kamu pensiun dan tidak lagi bekerja hal ini dapat kamu lakukan. Misalnya adalah mengajak keluarga seperti anak atau cucu berlibur. Sebab tentunya kamu mengharapkan untuk bisa menghabiskan masa tua dengan nyaman.

  • Melakukan hobi

Manfaat berikutnya adalah kamu bisa lebih fokus terhadap hobi yang selama ini kamu senangi. Karena pastinya ketika kamu masih bekerja sedikit sulit untuk bisa menyenangkan diri sendiri dengan menjalankan hobimu. Nah saat sudah pensiun pastinya kamu memiliki waktu luang yang banyak.

Apalagi ketika muda kamu termasuk orang yang aktif lalu pensiun pasti rasanya akan tidak nyaman di tubuh karena tidak bisa melakukan kegiatan sebagaimana saat masih di usia produktif, di masa seperti ini biasanya mereka yang sudah pensiun lebih memilih melakukan hal yang disenangi supaya bisa menjadi kegiatan sehari-hari.

Lalu apa hubungannya dengan adanya dana pensiun dengan hobi? Tentunya dana yang sudah kamu kumpulkan sejak masih muda tersebut bisa kamu gunakan untuk menikmati hobimu. Contoh kamu sangat suka dengan kegiatan bercocok tanam.

Di mana ketika masih bekerja kegiatan ini tidak bisa dilakukan secara rutin, begitu sudah pensiun kamu bisa melakukannya dengan lebih leluasa dan menggunakan dana pensiun tersebut untuk membeli kebutuhan bercocok tanam.

  • Berlibur

Dana pensiun juga bisa kamu gunakan untuk berlibur. Karena pastinya ketika kamu masih aktif bekerja, cukup sulit meluangkan waktu guna mengistirahatkan tubuh atau mendatangi tempat-tempat yang memang selama ini menjadi lokasi impian untuk berlibur.

  • Membuka Usaha

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan ketika mulai mempersiapkan dana pensiun di usia 20-an yaitu bisa membuka usaha yang selama ini diimpikan. Walaupun bukan berarti ketika masih bekerja kamu tidak bisa membuka usaha tersebut. 

Hanya saja sebagian besar orang saat masih aktif mencari penghasilan, waktu mereka sudah habis untuk melaksanakan tugas-tugas dari tempatnya bekerja. Jadi, ketika mereka membuka usaha di masa mereka masih bekerja.

Tentunya ini akan mengharuskan mereka membagi waktu antara mengurus bisnis pribadi dan pekerjaan utamanya. Namun, setelah kamu pensiun tentunya kamu lebih leluasa untuk menjalankan usaha tersebut tanpa harus memikirkan atau membagi waktu dengan pekerjaan utamamu.