RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

cashless society

Pertumbuhan dan kemajuan teknologi berhasil memicu perubahan lifestyle salah satunya cara dalam melakukan transaksi bagi masyarakat di Indonesia khususnya. Sekarang, masyarakat telah terbiasa melakukan transaksi non-tunai yang menggunakan teknologi pembayaran elektronik atau biasa disebut dengan istilah cashless society.

Survei yang dirilis langsung oleh Visa (2016), memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia jauh lebih suka memakai kartu pembayaran digital daripada menggunakan uang tunai. Selain itu, penelitian tersebut turut menemukan dimana 34 persen masyarakat Indonesia cuma membawa sedikit saja uang tunai jika dibandingkan kondisi yang ada pada 5 tahun lalu, sebab 71 persen masyarakat lebih menyukai memakai kartu pembayaran serta 59 persen mengklaim bahwa menyimpan atau membawa uang cash sudah tidak lagi aman.

Kondisi tersebut sejalan dengan konsep yang diinisiasi Bank Indonesia tahun 2014, yakni GNNT atau Gerakan Nasional Non Tunai. Tidak bisa dipungkiri, terjadinya perubahan sistem transaksi di masyarakat disebabkan hadirnya teknologi pembayaran yang lebih efisien, inovatif, aman serta mudah untuk digunakan. Dengan begitu, apa saja keuntungan dan hal menarik yang di dapat pada cashless society.

1. Promo Melimpah

Transaksi memakai alat pembayaran digital atau non-tunai sebetulnya begitu menguntungkan khususnya masyarakat yang menggunakannya. Hal ini pastinya sangat beralasan, sebab banyak sekali merchant yang menyediakan berbagai promo menarik berupa cashback dan potongan harga untuk penggunanya. Dengan begitu membuat produk yang dibeli akan menjadi jauh lebih murah dan pastinya bisa membuat para pengguna menjadi hemat dan tidak terlalu boros karena belanja.

2. Pengeluaran Lebih Teratur

Keuntungan lain yang dirasakan dari hadirnya Cashless Society selain pembayaran digital yang jauh lebih cepat dan praktis, juga memungkinkan para pengguna untuk bisa memantau berbagai macam transaksi yang sudah dilakukan sebelumnya. Lewat laporan tersebut pastinya para pengguna dapat merencanakan keuangan mereka secara lebih baik di setiap bulannya.

3. Tanpa Biaya Tambahan Dalam Melakukan Transfer

Sering menjadi kendala saat akan melakukan transfer sejumlah uang untuk teman atau keluarga yang mempunyai nomor rekening dari bank lain yaitu biaya transfer. Tidak disadari banyak orang bahwa mereka yang sering melakukan transfer uang antar bank jika dilakukan terus menerus tentu sangat menguras tabungan Anda sendiri.

Namun jika menggunakan Cashless Society, tersedia layanan bebas biaya transfer dan memungkinkan pengguna lebih leluasa untuk melakukan aktivitas transfer kemana saja dan kapan saja.

4. Tidak Perlu Melakukan Antri Lama di Tol

Ketika ditetapkan sebuah kebijakan dari pemerintah Indonesia terkait pembayaran di seluruh pintu tol memakai E-money, sebuah uang elektronik berupa kartu tersebut menjadi salah satu kebutuhan yang dirasa sangat wajib dimiliki bagi mereka pengguna kendaraan mobil. Kebijakan inipun berhasil mempersingkat waktu dalam urusan pembayaran di pintu tol serta dapat menghemat waktu semua pengendara dimana pada prosesnya hanya perlu satu kali tap dan pengendara bisa melanjutkan perjalanannya kembali.

5. Membuka Rekening Tanpa Pergi Ke Bank

Dengan hadirnya teknologi biometrik berupa fingerprint yang ada di e-KTP, hal terkait verifikasi serta data keamanan para nasabah telah tercatat serta terintegrasi sehingga bisa mempersingkat waktu para nasabah ketika membuka nomor rekening baru. Tidak sebatas buka rekening saja, namun seluruh layanan aktivitas perbankan lainnya seperti cek saldo, transfer uang juga sudah bisa dilakukan lewat aplikasi.

6. Transaksi Lebih Efisien dan Aman

Awalnya banyak orang yang masih meragukan transaksi menggunakan uang elektronik yang mana sudah terbiasa melakukan transaksi memakai uang tunai. Mereka berpikir soal keamanan uang yang mereka miliki dan bisa saja diambil oleh pihak yang curang. Namun saat ini telah tersedia layanan soft token dimana hanya memerlukan satu password untuk semua transaksi jadi akan tetap aman dan tidak perlu repot-repot lagi.

7. Memanfaatkan Fitur Interaktif

Apabila Anda mengandalkan sistem, pastinya semua hal bisa menjadi lebih mudah dan praktis. Namun, ada kalanya Anda bingung terkait cara menggunakannya dan apa yang perlu dilakukan saat sistem sedang terjadi gangguan ketika Anda akan melakukan transaksi.

Head of Digital DBS dari negara Indonesia bernama Leonardo Koesmanto mengatakan bahwa sekarang ini sudah ada fitur interaktif pada aplikasi yang bernama digibot. Sebagai kecerdasan buatan atau AI yang dimiliki digibank by DBS, fitur interaktif ini akan menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan digibank.

Untuk Anda yang telah menjadi penganut Cashless Society, saat ini sudah tidak perlu lagi merasa resah dan bingung harus bertanya kepada siapa sebab digibot telah menyediakan layanan chat, kirim uang, hingga cak transaksi untuk para nasabah.

Hal ini tentu semakin memudahkan para pengguna, maka dari itu, jangan ragu untuk menjadi bagian dari hadirnya layanan canggih seperti Cashless Society dan nikmati berbagai keuntungan yang ada didalamnya..