RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Kartu Kredit vs Kartu Debit

Kamu harus mengetahui perbedaan dari kartu kredit dan debit. Karena saat ini hampir seluruh bagian pasar sudah memakai metode pembayaran yang memanfaatkan kehadiran kartu debit maupun kartu kredit. Hal ini tidak lain berdasarkan alasan keamanan sampai kenyamanan para pengguna dan juga untuk para pelaku usaha ketika melakukan transaksi. 

Dengan menggunakan kartu debit maupun kartu kredit, kedua belah pihak tidak diharuskan membawa banyak uang cash ketika ingin melakukan transaksi secara langsung. Walaupun mempunyai banyak keunggulan dan juga kemudahan di dalamnya, tetapi pengguna kerap kali masih merasa ragu-ragu untuk menentukan kartu debit atau kartu kredit untuk membantu mereka dalam bertransaksi. 

Ternyata, kartu debit maupun kartu kredit juga masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri. Nah, untuk kamu harus bisa mengetahui perbedaan dari kartu debit maupun kartu kredit, sebab hal tersebut penting sekali untuk kamu agar menjadi bahan pertimbangan. Yuk, simak ulasan mengenai perbedaan kartu debit dan kartu debit di bawah ini. 

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit 

  • Kartu Debit 

Kartu debit merupakan pembayaran dengan kartu yang bisa dipakai untuk melakukan pembayaran karena kewajiban yang muncul dari sebuah aktivitas ekonomi. Kewajiban ini dipenuhi secara tiba-tiba yaitu dengan mengurangi langsung simpanan si pemegang kartu debit yang secara otomatis dilakukan oleh pihak bank maupun lembaga keuangan selain bank yang memiliki wewenang untuk mengambil dana tersebut. 

  • Kartu Kredit 

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran yang menggunakan kartu kredit dan bisa dipakai untuk melakukan seluruh pembayaran berdasarkan kewajiban yang muncul dari sebuah aktivitas ekonomi. Kewajiban ini dilakukan terlebih dahulu oleh pihak penerbit, dan si pemegang kartu memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran tersebut dengan waktu yang sudah ditentukan atau disepakati. 

Prosedur Pembuatan Kartu Debit dan Kredit 

Perbedaan kartu debit dan kartu kredit yang kedua yaitu tentang prosedur pembuatannya. Sebenarnya, prosedur dari pembuatan kedua kartu ini tidaklah memiliki banyak perbedaan. Pengguna hanya perlu melakukan konsultasi pada teller di bank yang terpercaya terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan penjelasan secara lengkap tentang detail dari penggunaan kartu debit dan juga kartu debit yang diterbitkan. 

Hal yang tentunya menjadi sebuah perhatian khusus ketika membuat kedua kartu ini yaitu seperti berikut ini: 

  • Kartu Debit 

Jika kamu ingin menggunakan kartu debit, ada beberapa pertimbangan yang harus kamu ketahui dan juga cermati baik-baik. Hal tersebut diantaranya yaitu biaya administrasi, fitur yang dimiliki, penimbangan keunggulan daripada menggunakan kartu kredit sampai manfaat ketika berlangganan kartu debit dengan bank yang sudah terpercaya. 

  • Kartu Kredit 

Sama halnya dengan menggunakan kartu kredit, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal seperti keadaan keuangan kamu harus tetap aman walaupun menggunakan kartu kredit, memahami suku bunga, perhitungan minimum pembayaran tagihan pada setiap bulannya, besaran biaya untuk denda dan administrasi, serta apa saja fitur yang dimiliki pada kartu kredit tersebut. 

Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan Kartu Debit dan Kredit 

Perbedaan kartu debit dan kredit selanjutnya yaitu tentang keunggulan dan juga kekurangan dari masing-masing kartu ini. Walaupun dianggap sangat bermanfaat untuk digunakan, tetapi menggunakan kartu dengan tidak bijak juga akan menimbulkan sejumlah masalah nantinya. Berikut ini ada beberapa keunggulan dan juga kelemahan dari kedua kartu ini. 

  • Keunggulan Kartu Debit 

  1. Tidak adanya tagihan yang akan dibebankan, karena transaksi yang diambil dari rekening penyimpanan pada bank yang digunakan. 
  2. Memberikan kemudahan untuk para pengguna nya melakukan transaksi belanja dengan tidak perlu membawa uang cash. 
  • Keunggulan Kartu Kredit 

  1. Pengguna bisa lebih bijak untuk mengelola keuangan karena memahami jika biaya akan dibebankan pada waktu yang sudah ditentukan. 
  2. Bisa berbelanja melebihi saldo dari tabungan. 
  3. Memberikan kemudahan kepada pengguna untuk melakukan transaksi berbelanja dengan tidak harus membawa uang cash kemanapun dan dimanapun.
  • Kelemahan Kartu Debit 

  1. Adanya resiko refund yang biasanya dilakukan secara sengaja oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mencuri data pengguna atau nasabah. 
  2. Bisa disalahgunakan ketika kartu dan PIN telah diketahui oleh pihak lain atau si pengguna melakukan kelalaian ketika menyimpan kartu. 
  • Kelemahan Kartu Kredit 

  1. Adanya tagihan yang akan dibebankan dalam waktu tertentu, hal tersebut tentunya bisa menimbulkan pembengkakan pada pengeluaran ketika transaksi tidak bisa diatur dengan baik dan benar oleh pengguna kartu kredit ini. 

Cara Cerdas untuk Menggunakan Kartu Kredit 

Setelah kamu mengetahui perbedaan dari kartu debit dan kredit, maka saat ini kamu tentunya sudah bisa menentukan untuk menggunakan kartu mana yang sesuai dengan kebutuhan mu. Berikut ini ada tips untuk menggunakan kartu kredit dengan tepat. 

  1. Selalu periksa tagihan secara rutin. 
  2. Jangan menggunakan kartu kredit untuk belanja kebutuhan. 
  3. Maksimalkan pembayaran. 
  4. Bayar tagihan sesuai waktu yang telah ditetapkan. 
  5. Pantau pengeluaran secara berkala. 

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai kartu debit dan kredit yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.