RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Sekarang sudah banyak sekali terror SMS yang menawarkan pinjaman online dengan berbagai keuntungan yang menggiurkan, tidak hanya itu saja tetapi mereka juga menawarkan jumlah pinjaman yang sangat besar, apabila Anda mendapatkan penawaran tersebut lebih baik Anda berhati hati lebih dahulu, sebab hal tersebut merupakan salah satu ciri-ciri dari pinjaman online ilegal yang sekarang sudah marak ada di Indonesia. Untuk Anda yang ingin meminjam jaman online harus sangat waspada supaya terhindar dari penipuan yang akan merugikan Anda. 

Lalu, bagaimanakah strategi untuk menghindari tawaran pinjaman online yang menggiurkan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Hati-hati dengan pinjaman cepat cair

Pada umumnya para lembaga pinjaman online ini akan membuat banyak strategi ataupun cara yang menarik agar nasabahnya mengajukan pinjaman uang kepada mereka, salah satu strateginya yakni dengan memberikan tawaran dana cepat cair serta bunga yang sangat tinggi. Karena adanya hal itu maka para calon nasabah menjadi tergiur sehingga mereka tidak membaca kontrak pinjaman dengan baik. 

Tentu saja hal itu bisa merugikan Anda sebab pada kontrak itu biasanya terdapat penawaran bunga yang sangat tinggi. Jika pada kontrak tersebut terdapat bunga yang sangat tinggi, maka Anda wajib mewaspadai nya, sebab khawatir anda tidak dapat membayar bunga yang besar tersebut lalu Anda terlilit hutang karena pinjaman illegal ini. Sebab sudah banyak kasus yang terjadi seperti ini.

2. Tidak tergiur dengan iklan yang mencolok

Banyak sekali korban pinjaman online ilegal yang sering memperoleh spam SMS tentang pinjaman online dengan penawaran yang menarik. Apabila anda mendapatkan tersebut sangat mencurigakan. Jangan pernah anda Tergiur dengan iklan pinjaman online yang mencolok yang menawarkan pinjaman tinggi dengan bunga yang rendah. Untuk saat ini lebih baik anda harus berhati hati lagi karena untuk menghindari hal yang tidak Anda inginkan terjadi.

3. Jangan Asal Meminjam

Meskipun sekarang sudah banyak akses pinjaman dana yang mudah dan cepat, tetapi tidak berarti Anda bisa meminjam uang di sembarang lembaga. Andah sekali untuk mengetahui lembaga yang bagus apabila Anda ingin pinjam uang. Selain itu, Anda juga harus mengetahui apakah anda mampu membayar bunga tersebut serta resiko yang harus tanda tangan apabila anda tidak bisa membayar nya. 

Sebab ada denda yang besar dan juga bunga yang menumpuk apabila anda tidak mampu untuk membayar nya. Untuk itu, Anda wajib memastikan lagi apabila ingin mengajukan pinjaman. Apakah pinjaman ini produktif atau komsutif. Pinjaman konsumtif yaitu pinjaman yang tidak mempunyai nilai dan juga tidak dianggap terlihat hasilnya. 

Misalnya saja seperti pinjaman konsumtif untuk membeli pakaian, kendaraan dan barang barang lainnya yang tidak memiliki nilai investasi. 

Lain halnya dengan pinjaman produktif yaitu pinjaman yang bisa dipakai untuk menambah jumlah aset yang Anda miliki. Biasanya hasil dari pinjaman itu bisa dipakai kembali untuk membayar hutang yang dimiliki maupun membayar beberapa cicilan yang Anda punya.

4. Tidak Memberikan Kontak Anda Sembarangan

Biasanya pinjaman online ilegal ini bisa dating dari beberapa lembaga yang telah tersebar sekarang menggunakan aplikasi yang bisa diunduh secara bebas baik di Play Store maupun App Store. Nah, dalam hal ini Anda wajib sekali untuk Jeli dan juga teliti, sebab para lembaga pinjaman ilegal ini akan meminta akses ke kontak yang Anda miliki di ponsel.

Pada umumnya terdapat beberapa aturan yang mengharuskan para calon peminjam untuk bersedia berbagi kontak kepada penyedia pinjaman sehingga mereka dapat mengakses kontak Anda dan apabila hal tersebut tidak diizinkan oleh Anda akibatnya pinjaman tersebut dipersulit atau bahkan Anda tidak diberi pinjaman. 

Untuk itu, saat ini lebih baik Anda mencurigai hal tersebut dan juga tetap berhati hati, karena tak dapat dipungkiri apabila Anda bisa saja di jebak oleh perusahaan tersebut. Tentu saja hal ini akan merugikan Anda.

5. Lembaga harus Terdaftar di OJK

Strategi terakhir untuk menghindari pinjaman illegal yakni pastikan anda memilih Lembaga atau perusahaan pinjaman on line yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau biasa disebut dengan OJK supaya menghindari dari pinjaman ilegal yang dapat merugikan Anda. 

Untuk hal ini, OJK sudah memiliki keamanan yang ketat sekali untuk bisa melakukan pengawasan pada kasus pinjaman online ilegal ini. Sehingga jangan lagi melakukan pengajuan pinjaman di lembaga yang tidak terdaftar secara resmi di OJK. Selain itu, apabila anda ingin melakukan pinjaman, sekarang anda bisa lakukan pengecekan lembaga yang akan Anda gunakan tersebut dengan menggunakan aplikasi resmi dari OJK yakni ojk.go.id.

Demikianlah pembahasan mengenai strategi untuk menghindari tawaran menggiurkan pinjaman online secara ilegal yang wajib Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman online dan tidak lupa selalu mengecek lembaga di website OJK.