RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang memiliki fungsi untuk menjadi pengganti uang cash, alat yang satu ini bisa digunakan oleh para penggunanya untuk dapat ditukarkan dengan berbagai macam barang dan jasa yang mereka beli pada tempat-tempat yang dapat menerima pembayaran menggunakan kartu kredit. 

Setelah melihat pengertian dari kartu kredit, dapat ditarik kesimpulan jika kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang sifatnya sah dan dirilis oleh pihak bank menjadi sebuah layanan untuk para nasabah mereka yang telah menyepakati perjanjian. Di Di dalam kartu kredit terdapat limit dana yang bisa ditentukan oleh pihak bank yang telah mengeluarkan. 

Sehingga membuat para nasabah bisa memakai kartu kredit ini untuk melakukan berbagai kegiatan transaksi keuangan, baik untuk penarikan tunai di atm dengan nominal tertentu maupun untuk membelanjakan sesuatu barang. Jadi, dapat dibilang jika fungsi dari kartu kredit ini yaitu sebagai sebuah alat pembayaran dari kegiatan transaksi yang telah digunakan oleh para penggunanya. 

Diluar fungsi tersebut, ada juga beberapa fungsi lainnya dari kartu kredit, pada umumnya kartu ini dilengkapi dengan banyak penawaran-penawaran yang menarik dan juga program yang dirancang oleh pihak bank menjadi berupa promosi dari kartu ini. Hal tersebut adalah sebuah hal yang penting untuk dilakukan, karena saat ini ada banyak bank yang membuat layanan kartu kredit sehingga menimbulkan persaingan ketat. 

Adapun beberapa fungsi yang unggul dari kartu kredit yang lebih jelas seperti berikut ini. 

  • Kartu kredit dapat dipakai untuk mengumpulkan berbagai macam bentuk pengeluaran untuk belanja hanya dalam satu bentuk tagihan saja dan juga dapat digunakan untuk mencatat pengeluaran yang sangat penting. 
  • Kartu kredit menjadi dana darurat atau dana emergency, yang berarti dengan dana darurat ini yaitu dana yang bisa dipakai untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak dan gawat darurat. 
  • Kartu kredit menjadi dana opportunity, maksudnya yaitu dana untuk mengambil kesempatan usaha atau dapat juga berinvestasi yang langka serta belum tentu kesempatan tersebut datang. 

Cara Membuat Kartu Kredit 

Seperti yang kalian tahu jika kartu kredit ini telah menjadi sebuah produk perbankan wajib dan dapat dianggap menjadi sebuah gaya hidup. Untuk kamu yang ingin melakukan pengajuan untuk membuat kartu kredit ini, tidak perlu merasa bingung saat banyak bank yang nantinya tidak menyetujui pengajuan orang-orang baru saat kali pertama mendaftar kartu kredit yang memiliki alasan sebab riwayat kredit sulit sekali untuk di verifikasi. 

Tetapi, kamu tidak perlu lagi gelisah sebab saat ini ada beberapa bank yang akan menerima pengajuan permohonan kartu kredit untuk kali pertama, berikut ini beberapa daftar banknya. 

  • Bank Central Asia (BCA)
  • Bank Mega 
  • Maybank Indonesia 
  • CIMB Niaga 
  • Bank Rakyat Indonesia 

Selanjutnya itu poin-poin penting untuk kamu yang ingin melakukan pengajuan permohonan untuk membuat kartu kredit. Sebelum kamu melakukan pengajuan, ada baiknya apabila kamu telah mengetahui mengenai pengertian dari kartu kredit beserta dengan konsepnya. Jika kamu telah memahami hal tersebut, berikut yaitu tahap-tahap yang harus kamu lakukan untuk mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit ini. 

1. Mencari Kartu Kredit yang Tepat 

Menentukan kartu kredit yang tepat merupakan hal yang tidak mudah. Di tahap ini kamu dituntut harus cermat dan teliti untuk memastikan bank mana yang tepat untuk kamu bisa melakukan pengajuan kartu kredit. Tips untuk kamu yaitu carilah kartu kredit yang mempunyai banyak keunggulan serta akses yang tak terbatas. 

Sesuatu seperti gratis iuran tahunan, rewards, serta bunga adalah hal yang wajib untuk kamu ketahui. Kamu dapat berkonsultasi dengan pihak customer service dari bank yang akan kamu tuju. 

2. Lengkapi Persyaratan dan Mengisi Formulir 

Saat kamu telah menemukan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan mu, tahap selanjutnya yaitu kamu dapat datang langsung ke bank yang akan kamu tuju untuk melakukan permohonan pembuatan kartu  kredit. Disana kamu hanya akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan dan juga persyaratannya juga. 

3. Pastikan Tidak Ada Masalah Keuangan 

Saat kamu ingin melakukan pengajuan pembuatan kartu kredit, maka pihak bank akan dengan teliti untuk memeriksa seluruh keadaan riwayat keuangan kamu, mulai dari hutang yang kamu miliki seperti mobil, rumah, dan riwayat pinjaman lainnya. Kamu harus memastikan jika kamu tidak memiliki kredit macet di pinjaman-pinjaman sebelumnya. 

Dapat dikatakan kamu harus bisa melakukan pembayaran tersebut secara lancar dan juga disiplin. Bank yang akan menerbitkan kartu kredit mu akan mempertimbangan dengan baik dalam hal ini. 

Nah, itu tadi pembahasan mengenai fungsi dan juga cara untuk membuat kartu kredit yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan. Selamat mencoba!