RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Fintech ilegal yang turut menawarkan pinjaman online paling jeli melihat kesempatan di dalam kesempitan. Begitu banyak cara dan akal yang digunakan untuk memangsa calon korbannya. Bahkan akhir-akhir ini terdengar modus terbaru yang dilakukan oleh perusahaan pinjaman online ilegal tersebut.

Berbagai modus yang sudah naik di pemberitaan semakin membuat orang-orang takut oleh kehadiran fintech atau pinjaman online abal-abal. Tidak sedikit ada penawaran pinjaman yang tiba-tiba masuk melalui pesan SMS atau WA yang ada di ponsel mereka.

Selain itu, lebih parahnya lagi ada pula kasus masuknya sebuah uang tunai dari perusahaan pinjaman online ilegal yang dimana orang tersebut sama sekali tidak melakukan pengajuan. Pada kondisi tersebut jika Anda mengalami hal yang sama terdapat beberapa sikap yang harus Anda lakukan agar tidak terjebak dan terhindar dari masalah yang sang rumit setelahnya.

Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan apabila mendapatkan kiriman uang tunai dari pinjaman online ilegal.

1.       Amankan sejumlah uang yang diterima

Ketika Anda mengecek bahwa ada sejumlah uang yang masuk ke tabungan pribadi dari perusahaan pinjaman online ilegal atau yang tidak terdaftar secara resmi di OJK, disarankan untuk menyimpan atau mengamankan uang tersebut. Jangan sampai menggunakan atau bahkan mentransfernya ke rekening lain atau ke orang lain.

2.       Ketika ditagih, sampaikan hal tersebut

Saat Anda ditagih, katakanlah bawah Anda sama sekali tidak merasa meminjam uang dan siap untuk mengembalikan uang dengan jumlah yang Anda terima. Jika pihak tersebut masih memaksa, Anda bisa langsung menanyakan hal yang lebih rinci seperti menanyakan nama perusahaan pinjaman online tersebut, surat perjanjian pinjaman, nama akun yang sudah terdaftar dan hal lain yang mengisyaratkan bukti bahwa mereka adalah fintech atau pinjaman online resmi.

Anda tidak perlu khawatir, yang penting uang yang diterima masih utuh dan apabila yang Anda hadapi adalah pinjaman online ilegal tentu bukti-bukti yang mereka miliki tidak akan bisa dipenuhi dan bahkan jika Anda lebih paham bisa-bisa mereka yang menjadi panik.

3.       Mengembalikan langsung uang  ke kantor perusahaan terkait.

Anda bisa langsung mengembalikan uang berdasarkan jumlah yang sudah diterima langsung ke perusahaan pinjol tersebut. Hal ini akan lebih baik dibandingkan Anda mengembalikannya melalui rekening bank si penagih, lewat aplikasi atau bahkan lewat debt collector supaya terhindari dari modus penipuan selanjutnya.

4.       Blokir semua kontak penagih

Jika Anda ditagih dan mengalami insiden kekerasan atau diteror tanpa henti-hentinya, mengalami intimidasi, pelecehan, Anda bisa memblokir seluruh nomor atau kotak si penagih. Hal ini tentu sangat mengganggu, maka dengan memblokir semua kontak dari penagih yang tidak jelas, jalan satu-satunya adalah dengan memblokir semua kontak tersebut.

5.       Memberitahu seluruh kontak di HP

Memberitahu ke semua kontak orang di smartphone Anda supaya mengabaikan telepon atau pesan yang datang penagih. Sampaikan juga bahwa Anda sama sekali tidak pernah melakukan pengajuan pinjaman sejumlah uang dari aplikasi pinjaman online. Umumnya pinjaman online ilegal dapat mengambil data yang ada di dalam ponsel pribadi Anda, dan itu digunakan mereka untuk melakukan teror lewat kontak-kontak hp orang yang ada di ponsel Anda.

6.       Segera lapor polisi dan SWI

Supaya Anda aman serta tidak dikejar-kejar para penagih lagi dimana itu semua benar-benar bukan kesalahan Anda sendiri, disarankan untuk melapor ke pihak polisi agar mendapatkan perlindungan hukum. Membuat laporan ke Polda dan Polres di daerah Anda bisa melalui website resmi kepolisian dan juga bisa melaporkan ke Satgas Waspada Investasi agar dilakukan pemblokiran.

7.       Melampirkan laporan polisi ke nomor penagih yang kembali muncul

Semantara bagi Anda yang memperoleh tawaran pinjaman online melalui WA dan SMS, lakukan hal berikut ini supaya Anda terhindar dari aksi penipuan yang marak terjadi di Indonesia, seperti :

  •         Jangan mengklik tautan atau mencoba untuk menghubungi nomor yang ada pada pesan WA atau SMS yang berisikan penawaran pinjaman online ilegal
  •         Segera hapus nomor tersebut dan memblokir nomor jika Anda menerima pesan WA atau SMS yang menawarkan pinjaman online ilegal
  •         Cek selalu legalitas dari sebuah pinjaman online ke OJK sebelum melakukan pengajuan pinjaman.

Hindari Pinjaman Online Ilegal

Jangan sekali-kali untuk mencoba akses pinjaman online ilegal, dimana mereka memiliki trik untuk membuat korbannya bangkrut dari iming-iming dana cair cepat. Jangan sampai dana yang diterima tidak seberapa namun rugi berkali-kali lipat.

Anda dibebankan dengan besaran bunga yang tidak wajar. Tenor yang pendek, fee pinjaman yang sangat besar, perjanjian pinjaman juga dapat berubah ditengah jalan, tentu akan merugikan Anda nantinya. Maka dari itu, dihimbau untuk tidak mencoba pinjaman online ilegal. Masih banyak pinjol yang resmi dan terdaftar di OJK yang bisa Anda gunakan.