RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Kamu harus tahu bila dana pensiun adalah salah satu komponen penting ketika kamu ingin membuat financial planning, di mana dana pensiun ini akan membantu memenuhi kebutuhanmu di masa mendatang, yaitu masa di saat kamu sudah tidak lagi bisa bekerja sebagaimana ketika masih muda.

Karena memang tujuan diadakannya dana pensiun, yaitu memberikan jaminan secara finansial saat kamu sudah tidak masuk pada usia produktif. Memang kebanyakan dana pensiun ini dipersiapkan ketika memasuki hari tua, namun tidak ada salahnya kamu menyisihkan penghasilan yang kamu dapatkan dari bekerja guna membuat tabungan khusus pensiun.

Tips mempersiapkan dana pensiun sejak muda

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa keberadaan dana pensiun adalah salah satu cara bagi kamu supaya kehidupan di masa tua bisa lebih bahagia dan terjamin. Sehingga nantinya ketika kamu sudah memiliki anak dan juga cucu, kamu tidak akan lagi membuat mereka merasa direpotkan karena harus membiayai dirimu padahal mereka memiliki kehidupannya sendiri.

Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa tips untuk kamu yang memang ingin mempersiapkan dana pensiun di usia produktif seperti saat ini, diantaranya :

  • Tetapkan pada usia berapa kamu memilih untuk pensiun

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memikirkan dengan matang kapan pastinya atau di usia berapakah kamu akan pensiun. Sebab di usia tersebut, nantinya kamu mungkin saja sudah tidak lagi produktif seperti saat ini.

Umumnya usia pensiun itu adalah di 55 sampai dengan 60 tahun, walaupun ada juga yang memilih untuk pensiun lebih dini maupun lebih dari angka tersebut. Saat kamu sudah memutuskan pada usia berapa akan pensiun, maka ini akan lebih mudah memperkirakan berapa besaran dana yang harus disisihkan untuk nantinya ditabung sebagai persiapan ketika kamu sudah pensiun.

Selain itu ketika kamu sudah tahu di usia berapa akan pensiun, kamu juga bisa memperkirakan seberapa lama harus menabung. Nah berikutnya adalah memikirkan apa yang akan kamu lakukan dan dibutuhkan setelah pensiun karena pada dasarnya memang ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan secara matang.

  • Selalu sisihkan dana dalam nominal tetap untuk dana pensiun

Cara yang kedua adalah dengan menyisihkan penghasilan bulanan untuk dialokasikan ke simpanan dana pensiun dan tetapkanlah nominalnya secara pasti. Sehingga setiap bulannya ketika kamu sudah menerima gaji, wajib bagimu mentransferkan jumlah yang telah ditetapkan tadi ke dalam tabungan khusus dana pensiun.

  • Sisihkan untuk dana darurat

Berikutnya adalah kamu harus menyisihkan penghasilan bulanan untuk disimpan menjadi dana darurat, karena bagaimanapun keberadaan dari dana darurat ini memang dibutuhkan dan pastinya bisa melindungimu ketika sedang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Contohnya adalah seperti kamu terkena PHK, kecelakaan dan mengharuskanmu dirawat selama beberapa hari di rumah sakit, ada anggota keluarga yang mengalami musibah dan lain sebagainya. Idealnya nominal untuk dana darurat ini adalah 3 sampai dengan 6 kali pengeluaran rutin bulanan kamu. 

Misalnya dalam satu bulan pengeluaran rutin kamu adalah 2 juta maka setidaknya kamu harus memiliki dana darurat sekitar 6 hingga 12 juta rupiah. Namun, bila kita memikirkan penghasilan masing-masing individu tidaklah sama.

Maka kamu dapat menyisihkan gaji bulanan mu sebesar 10% sampai 15% tiap bulan. Lakukanlah hal ini secara rutin agar simpanan darurat tersebut dapat dipergunakan secara efektif saat kamu benar-benar membutuhkannya.

  • Segera lunasi hutang

Apabila saat ini kamu sedang memiliki banyak tunggakan hutang, maka sebaiknya segera melunasi tanggung jawab tersebut dan berusahalah untuk tidak menambah hutang lagi agar tidak menjadi beban tersendiri bagi kehidupanmu. Ada baiknya ketika kamu ingin melunasi hutang, mulailah dari nominal-nominal yang paling kecil terlebih dahulu baru terakhir adalah yang terbesar. 

Lalu apabila kamu merasa hutang yang nominalnya besar tersebut tidak mampu kamu lunasi sekaligus, bicarakanlah kepada mereka dan mintalah keringanan seperti misalnya kamu mampu mencicil setiap bulannya dengan nominal tertentu. 

Kemudian ketika kamu sudah berhasil untuk melunasi semua hutang-hutang tersebut pastikan tidak ada lagi hutang baru apalagi jika hutang yang kamu inginkan bersifat konsumtif. Berusahalah bijak dalam penggunaan uang, supaya bisa mencapai financial freedom dan dana pensiun terpenuhi.

  • Membuat asuransi

Cara yang terakhir adalah dengan membuat asuransi, kamu dapat mendaftarkan diri pada lembaga atau perusahaan asuransi yang memang menyediakan produk bagi mereka yang ingin memiliki simpanan di masa tua. 

Sebenarnya pemerintah sendiri juga mempunyai satu badan yang dapat membantu mereka yang ingin memiliki tabungan di hari tua yaitu program DPLK di mana program ini dijalankan oleh salah satu lembaga milik pemerintah. 

Prinsip dari program tersebut mempunyai sistem yang mirip dengan deposito berjangka di mana kamu bisa menabungkan uangmu secara rutin dan tidak bisa begitu saja dicairkan sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan. 

Nah, demikianlah tadi cara untuk kamu dapat menyisihkan sebagian dari penghasilan bulanan untuk disimpan menjadi dana pensiun yang pastinya akan sangat bermanfaat di saat kamu sudah tidak lagi memasuki usia produktif.