RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Tertimpa Hutang

Seorang manusia memang tidak lepas dari yang namanya lalai dan kecerobohan, hal tersebut tidak kenal dengan siapa dia, profesinya apa bahkan jika orang tersebut merupakan orang pintar. Pasti manusia akan melakukan yang namanya khilaf. Maka dari itu, banyak yang tidak bisa membedakan mana yang dinamakan kebutuhan dan mana yang dinamakan keinginan.

Tidak bisa mengontrol diri akan nafsu yang ada dalam diri bisa menjerumuskan seseorang ke dalam dunia hutang piutang yang tentu sangat berbahaya dan menghambat kamu suatu saat nanti, apalagi hutang tersebut untuk hal-hal yang tidak begitu penting. Maka dari itu perlu mengetahui perbedaan keinginan dan kebutuhan supaya kamu terhindar dari yang namanya hutang.

1. Pengertian Tentang Kebutuhan

Perbedaan keinginan dan kebutuhan dapat kamu lihat dari pengertiannya. Sebelumnya, kamu harus memahami terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud soal kebutuhan. Kebutuhan bisa diartikan menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh manusia agar bisa hidup dengan sehat. Kata sehat disini dapat diartikan ke banyak hal yakni sosial, psikologis, ekonomi, budaya, dan semua hal yang berkaitan dengan kehidupan.

Jika ditarik kebelakang, sejatinya manusia di zaman dahulu memiliki kebutuhan yang sangat sederhana, yaitu sandang sebagai penutup tubuh, makanan untuk bisa bertahan hidup, dan papan menjadi tempat berteduh sekaligus tempat tinggal. Tapi seiring perubahan zaman, bentuk kebutuhan dari manusia juga ikut berubah dan berkembang menyesuaikan eranya.

Faktanya, saat ini sektor pendidikan dan juga perawatan kesehatan sudah masuk dalam kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Karena kedua sektor tersebut juga menjadi faktor yang paling berpengaruh untuk mendukung kualitas manusia agar bisa hidup dengan layak, dan hal ini sudah sangat berbeda jika kita bandingkan dengan kehidupan dimasa lampau.

2. Pengertian Tentang Keinginan

Keinginan dan kebutuhan juga dapat kamu lihat dari pengertiannya. Jika mengulas tentang keinginan, apabila sebuah kebutuhan adalah sesuatu yang begitu diperlukan oleh manusia, sisi keinginan cenderung ke rasa ingin memiliki suatu hal, bisa untuk saat itu atau nanti.

Dengan begitu, rasa ingin dari setiap orang pasti akan berbeda-beda. Biasanya hal tersebut tergantung dengan latar belakang serta pilihan pilihan dari masing-masing individu, dan bahkan keinginan dari setiap orang dapat berubah-ubah dari masa ke masa sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang mereka alami saat itu.

Perlu kamu ketahui bahwa sebuah keinginan dari setiap manusia tidak ada batasnya. Tapi untuk bisa memuaskan seluruh keinginan yang ada sangatlah terbatas. Maka dari itu, saat keinginan dari seseorang tidak bisa terpenuhi semuanya, membuat timbulnya ide lain seperti mencari jalan alternatif atau opsi lain agar tetap bisa mewujudkan keinginan tersebut.

Perbedaaan Keinginan dan Kebutuhan Dengan Melihat Nilai

Jika kamu sudah mengetahui dari setiap pengertian dua hal tersebut, perbedaan dari keinginan dan kebutuhan selanjutnya bisa dilihat dari sudut pandang nilai.  Apabila dilihat dari sisi sifat. Suatu kebutuhan memiliki sifat yang memiliki batas sementara keinginan tidak ada batasnya.

Kebutuhan merupakan hal yang harus dimiliki. Sementara sebuah keinginan adalah rasa ingin memiliki atau mengharapkan sesuatu yang sebetulnya tanpa adanya hal tersebut juga seorang manusia masih bisa hidup dengan baik. Sementara itu, berdasarkan perubahannya, suatu kebutuhan disebut memiliki kondisi yang tetap atau konstan. Sedangkan sebuah keinginan bisa berubah dari masa ke masa.

Apabila sebuah kebutuhan tidak dapat terpenuhi, hal ini biasanya sangat mempengaruhi kondisi seseorang dan bahkan bisa berakibat kematian. Sedangkan bila keinginan tidak bisa terpenuhi, paling hanya menimbulkan rasa kecewa saja.

Kunci dari Perbedaan Keinginan dan Kebutuhan

Selain dilihat dari makna dan pengertiannya serta perbandingan nilai, perbedaan keinginan dan kebutuhan bisa kamu lihat dari sisi yang menjadi sebuah dasar perbedaan yang ada.

Kunci dari perbedaan keinginan dan kebutuhan secara mendasar yakni :

  • Kebutuhan merupakan dasar bagian setiap manusia agar bisa terus bertahan hidup. Sementara sebuah keinginan merupakan jasa dan barang yang ingin diraih seseorang di dalam hidup mereka.
  • Keinginan itu tidak terbatas sedangkan kebutuhan terbatas
  • Kebutuhan merupakan sebuah hal yang wajib dimiliki supaya tetap hidup dengan baik, Sedangkan suatu keinginan adalah hal yang ingin diraih agar menambah kualitas hidup tapi tidak memiliki dasar
  • Sebuah kebutuhan sangat penting dan harus dipenuhi agar tetap hidup dengan layak, semenatara sebuah keinginan bisa dianggap tidak penting dan sangat tidak ada pengaruhnya juga tidak terpenuhi sekalipun
  • Menjadi sangat penting untuk kehidupan, kebutuhan apabila tidak bisa terpenuhi bisa berdampak kepada kesehatan atau menimbulkan penyakit dan mengakibatkan kematian yang sia-sia. Sementara sebuah keinginan bisa dibilang tidak begitu penting, yang berarti tidak akan membawa pengaruh besar jika tidak terpenuhi khususnya bagi kesehatan atau keberlangsungan hidup seorang manusia.