RollOgrady

Pinjaman dan Keuangan

Gaji Bulanan

Berbicara soal uang atau penghasilan, kita tidak dapat memungkiri bahwa sebagian orang sering terlena ketika memegang yang yang diperoleh dari gaji. Ketika uang gaji diterima, mungkin kamu salah satu orang yang merasa jika mendapatkan uang gaji namun uang tersebut sangat cepat berkurang.

Seperti dalam hal, membayar kosan, membayar angsuran mobil atau motor, membayar macam-macam tagihan, membaginya kepada orang tua, membeli kebutuhan sehari-hari, sampai membeli peralatan atau barang yang sudah lama kamu incar.

Dengan begitu, tanpa kamu sadar, penghasilan yang kamu dapat dari gaji sudah habis dipertengahan bulan. Sementara kamu tidak sempat mengalokasikan uang tersebut ke tabungan atau investasi, namun gaji sudah habis.

Kondisi tersebut bisa disebut uang yang numpang lewat. Jika kamu merasakan kondisi tersebut, percayalah banyak orang yang juga mengalami hal yang sama. Maka, apasih solusi yang tepat ? Sudah saatnya kamu bisa memanage gaji mu agar bisa dikelola dengan baik. Jangan biarkan upah yang kamu dapat cuma berlalu saja.

Berikut ini terdapat beberapa tips untuk kamu bisa mengelola gaji yang kamu dapat dalam waktu 30 hari, simak penjelasannya dibawah ini.

Kunjungi: Pinjaman Online 24 Jam

1. Membuat Rencana Daftar Belanja

Kamu bisa melakukan hal sederhana seperti mencatat semua pengeluaran belanja tiap bulan. Cobalah untuk mencatat semua, mulai dari keperluan yang bukan kebutuhan pokok seperti makan diluar, membeli pakaian, jalan-jalan dan masih banyak lagi.

Kemudian buatlah daftar anggaran untuk belanja saat sudah mendapatkan gaji, kamu harus menulis dengan detail kemana saja uang nantinya dialokasikan. Perencanaan tersebut bertujuan agar kamu dapat mengetahui kemana saja uang gaji tersebut akan habis dan untuk membeli apa saja.

Dengan ini, kamu bisa menggunakan buku catatan atau menggunakan aplikasi note di ponsel kamu, lalu buatlah daftar anggaran belanja kamu yang realistis sesuai dengan kondisi keuangan yang dimiliki serta pula hidup kamu sehari-hari.

2. Melunasi Cicilan dan Utang

Jika kamu mempunyai cicilan ataupun utang, kamu wajib melunasi utang tersebut terlebih dahulu sesudah memperoleh gaji. Kewajiban ini jangan pernah ditunda. Menunda cuma akan membuat kondisi semakin runyam di masa depan. Lebih parahnya lagi jika kamu memiliki pinjaman di fintech atau sejenisnya, tentu akan mendapatkan bunga berlipat-lipat serta denda yang menumpuk, membuat kamu jadi semakin rugi.

3. Memiliki Dua Rekening

Supaya membuat kamu semakin mudah untuk mengatur gaji, disarankan untuk kamu mempunyai dua akun rekening bank. Rekening pertama bisa kamu gunakan untuk semua transaksi, diantaranya menerima upah dari kantor atau perusahaan, serta membayar semua tagihan. Sementara rekening satunya bisa kamu gunakan sebagai tempat investasi dan menabung.

Upayakan untuk menyisihkan sebagian uang untuk aktivitas menabung saat pertama memperoleh gaji dari kantor. Lebih tepatnya lakukan bersamaan saat membayar cicilan dan utang.

Untuk jenis rekening yang pertama, kamu bisa memilih bank sesuai payroll perusahaan atau sebuah bank yang besar yang layanannya banyak digunakan oleh beberapa perusahaan. Hal ini bertujuan untuk dapat dengan mudah ketika akan melakukan proses penerimaan uang ataupun mengirim uang. Kamu juga harus memastikan, bank tersebut mempunyai begitu banyak mesin ATM atau internet banking.

Sedangkan pada rekening kedua, cobalah untuk memilih bank dengan menawarkan biaya administrasi lebih rendah. Supaya kamu tidak gampang tergiur mengambil uang, buatlah rekening bank yang tidak menggunakan ATM. Hal tersebut supaya menghindarkan kamu untuk khilaf dan menggunakan uang tabungan untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

4. Membuat Skala Prioritas Untuk Pengeluaran

Sepertinya kamu wajib menyusun dan menentukan skala prioritas dari daftar belanja yang sudah kamu buat. Kamu bisa mengeceknya kembali dari daftar belanja yang sudah ada, dari catatan tersebut kamu dapat mengetahui apa saja pengeluaran yang kamu lakukan padahal tidak begitu penting.

Kamu bisa melakukan revisi serta mulai menyusun dan menentukan prioritas, khususnya dengan pengeluaranmu. Pelajari pengeluaran yang dapat membuat gaji yang baru diterima cepat habis. Dengan demikian, kamu dapat lebih bisa dan mulai untuk memotong pengeluaran yang tidak terlalu penting agar gaji yang kamu dapat bisa tersisa hingga akhir bulan.

Contoh sederhana, apabila kamu termasuk sering membeli minuman seperti kopi dengan harga 30 ribu per harinya. Kamu bisa menghitung total uang yang kamu keluarkan 30 harinya, yakni sebesar 900 ribu per bulan.

5. Belanja Sesuai Keperluan

Tips berikut ini termasuk yang agak rumit bagi sebagian orang, karena berbelanja sesuai keperluan itu tentu bukanlah hal yang gampang dilakukan. Akan tetapi kamu dapat belajar dengan cara bertahap untuk persoalan tersebut. Seperti pelan-pelan membuang kebiasaan belanja konsumtif.

Kamu bisa menghindari melihat-lihat barang yang ada di toko online, kamu bisa mengurangi dan menahan gairah tersebut agar keuangan kamu tetap bisa dikontrol sehingga gaji bulanan yang didapat akan tersisa sampai akhir bulan.